Dongeng untuk anak

Apa disini ada bunda yg dongengin anaknya yg usia 1 bulan? Apa ada pengaruhnya untu usia kedepannya Nah menurut bunda itu efektif apa tidak aku pengen dongengin anak aku tp takut sia2 aja. Anak aku usia 1bln #ingintahu #firstbaby #pleasehelp

22 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

gak ada salahnya koq bacain dongeng, anak akan lebih sering denger suara ibunya, suara favoritnya, jd tenang dan nyaman. sekedar sharing. sya lahiran di rumah ortu sempet ada masalah hingga 2 bulan sya jd org pendiam. hanya mengamati bahasa tubuh anak. singkat cerita anak sudh bisa diajak bercanda, tp dia bisa tertawa hanya dg neneknya (ibu sya) dan tantenya (adek sya). disitu sya cemburu, kenapa bukan dg sya. akhirnya sya kembali ke diri sya yg dulu, yg cerewet dan ceria. berdamai dg perasaan. sya ajak ngobrol anak, sya ajak nyanyi², ajak mengaji, sya deskripsikan semua yg ada di sekitarnya (walaupun hanya daun). alhamdulillah, usia 7 bulan bisa tepuk tangan ketika sya nyanyi pok ame ame. 10 bulan udh banyk tanya soal benda² di sekitarnya. skrg 11 bulan udh bisa ngajak sya nyapu. udh bisa ngikutin kata² walaupun belum sempurna pengucapannya. skrg sya lagi belajar bacain dongeng tp anak belum bisa fokus terlalu lama, baru setengah jalan udh pecah perhatiannya. semua hal positif yg kita lakukan insyaAllah gak akan sia².

Baca lagi
1y ago

bunda @malika. samaan bun. anakku juga sering pasang ekspresi kurang suka kalo diajak ngobrol pas lg nen. apalagi kalo lg ngantuk, ada suara berisik sedikit langsung noleh nyari sumber suara, kayak yg "apaan sih, ganggu aja", gitu. @mama syahdu kalo aku seringnya dongeng mengarang bebas ma, sedapetnya aja, dan yg terpenting nada bicara nya hrs yg bikin anak tertarik, dan yg ga kalah penting hrs ekspresif.

VIP Member

Percayalah bunda, tidak ada usaha yang sia-sia. Meskipun penglihatan bayinya belum jelas diusia tsb, tentu tidak dengan pendengarannya Bun. Dengan bunda sering bercerita, mendongeng, bernyanyi, akan muncul sinyal reflek motorik dari otak bayi sehingga ia akan mulai mencari sumber suara, menggerakan bibir mungilnya seolah ingin menjawab namun belum bisa. Selain itu bisa meningkatkan bonding, krn bayi akan mengingat suara bunda dalam ingatannya sejak dini. Saya menerapkan ini sejak bayi saya newborn bun, saya ajak dia bercerita apa saja saat mandi, saat selesai menyusui, saat mengganti popok, saat berjemur.

Baca lagi

aku lg hamil tm3 bun, udah tk bacain dongeng biar apa? biar si dede jg bs lbih mngenal suara mamanya otomatis mmprkuat bonding antr ibu anak suara ibu jg mnenangkn baby menstimulasi otak bby juga saya sih prnah baca ktnya gtu saya terapin aja, apalagi klo nnti sudah lahir spt anak bunda, harus makin rajin dong di bacain dongeng/cerita.. semangat membersamai si kecil ya bun, gunakan waktu2 emas ini sebaik2nya kita sbg ibu yg sudah modern juga harus berilmu untuk bekal membersamai mereka, mengingat sumber ilmu skrg tdk melulu dr buku🥰

Baca lagi
1y ago

saya dari TM2 sampai sekarang 38w selalu ngobrol sama Dede dalam perut. Bacain buku cerita 25 Nabi, pengetahuan umum, nyanyi lagu anak², shalawatan, ngaji smp mau mandi juga saya ngomong ke Dede 😁. Kata tetangga anak belum lahir udah diajak ngobrol terus, biarin aja. Kakak dan Ayahnya juga sering bgt ngajak ngobrol dan Dede ngerespon lewat gerakan.

bunda, tau ga proses biar anak bisa paham baca dan tulis (bukan cuma sekedar liat teks dan abis itu lupa dan ga paham apa yg dibaca) itu prosesnya dimulai dari anak masih bayi kicik bun... bayi itu akan belajar bahasa (ini bahasannya njlimet, aku susah jelasinnya),, salah satu cara yg bisa bunda lakuin adalah dg membacakan cerita ke anak.. dg begitu anak akan tau alur dll, yg membuat anak kelak kl baca dia paham oh ternyata ceritanya begini, bukan cuma sekedar cuap2..... moga bisa dipahami ya bun, hehe

Baca lagi

Ngaruh bund apalagi kalo bacain dongen nya dengan buku2 gitu pasti ngaruh bahkan sejak dalam kandungan pun kalo sering di bacain buku pasti ngaruh buat kehidupan kedepan nya bund .. apalagi itu usia satu bulan masa2 golden age nya ank . yakin aja walaupun keliatan nya anak kaya ga ngerti apa2 tapi sebenernya itu pengaruh banget buat anak . contoh minimal nya aja bisa meningkatkan minat baca anak di kemudian hari . ini yang ku tau ya bund pernah denger dari salah satu parenting yang pernah aku ikutin . 🙏🤗

Baca lagi

“Takut sia-sia” Belum di coba aja uda pesimis bun 🙃 Yg namanya menanamkan sesuatu itu gabisa instan Gabisa langsung keliatan hanya beberapa bulan Anak saya dari 1bulan saya dongeng kasih buku kecil kecil 1th belum kluar mama papa ayah dll Tapi disana tun dan di telaten in 13 meledak kosakata nya Dan sekrang 20bln uda bisa cerita ini-itu (padahal 20bln standart nya baru bisa nyusun 2 kata) Kemampuan bercerita itu anak usia 3th Sia-sia ? Gaada yg sia-sia kalau kita telaten dan “percaya”

Baca lagi

Gak ada yg sia-sia bu, ini pengalaman pribadi saya, anak pertama saya sekarang 19 bulan usianya, dari belum sebulan udah saya kenalin buku/saya dongengin. Manfaat yg saya rasain itu kosa katanya banyak (jauh diatas tanda redflag untuk perkembangan bahasa), ketika kita ajak komunikasi, anak jadi lebih paham/mudah mengerti. Sekarang suka ambil buku sendiri di rak, terus minta sama-sama baca. Sedikit2 udah mulai bisa cerita bagian dari buku favoritenya☺️

Baca lagi

bu jgn ngerasa sia2 dong, bahkan membacakan buku untuk janin d dlm kandungan udh bermanfaat lho. meskipun blm paham ceritanya tp kan dia jd kenal suara ibunya, belajar berbagai ekspresi melalui perubahan intonasi suara saat ibu bacain buku (bacainnya jgn datar2 ya bu, hrs ekspresif hehe) dan bs membangun ikatan ibu & bayi jg. yuk ibunya jg banyak membaca ttg bayi 😊 https://www.halodoc.com/artikel/meski-belum-bisa-baca-kenalkan-buku-sejak-bayi

Baca lagi

kalo saya sih g harus cerita bun. kalo saya, lebih sering ajak ngobrol, nyanyi2, sholawatan. dr dia belum genap 1 bulan pun udah sering aku ajak ngobrol. efeknya anak jadi lebih kenal sama ibunya. kalo lagi digendong org lain, begitu denger suara saya langsung noleh, ketawa. atau kalo lagi laper pengen nenen, denger suara saya langsung ekspresinya kaya yg "ma, laper", atau ekspresi bahagia mamahnya udah dateng.

Baca lagi
TapFluencer

aq sering bacain cerita semenjak baby ku 1 bulan bun... buku ceritanya yg gambarnya cerah2 gt.. itu untuk merangsang penglihatan nya sama agar dia mampu belajar mengingat kosa kata yang bunda bacakan... insyaAllah ia akan lebih mudah dalam mengingat suatu kata ketika waktunya bicara nanti