Anak usia 2 tahun belum bisa bicara dua suku kata

Anak saya usia 2 tahun belum bisa bicara dua suku kata, baru bisa papa, mama, maem... Saya sangat khawatir..

4 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Sekedar sharing & kasih saran ya bu yg saya terapkan.. Anak saya sekarang 22bulan, alhamdulillah sudah bisa diajak komunikasi/bicara Klo yg saya terapkan dari dia bayi no screen time bu, jadi benar2 tidak kasih hp & tv/youtube, dibiasakan baca buku dari bayi, komunikasi 2 arah misalnya ibu memerintahkan anak untuk mengambil buku itu “Dek, tolong ambilkan buku yg itu ya..” sambil di tunjuk bukunya nanti dia akan melihat bukunya dia dia akan mengambil.. atau kita main boneka dikasih makanan ke mulut bonekanya.. nanti anaknya akan paham apa yg diperintah ibunya, sensory play main dr beras/agar/merumput atau mainan lain yg kita kreasikan, sering ajak ngobrol/kasih tau apapun bu hal-hal sederhana misalkan lagi makan “Dek ini namanya piring.. pi-ring” sambil kita eja.. selalu respon apa yg anak katakan walaupun pengucapannya belum jelas, ajak main keluar rumah entah ke lapangan luas/sekedar ke taman deket rumah sambil kita kenalkan benda2 di lingkungan bu.. anak itu pintar bu, dia mencerna apa yg kita katakan, semakin banyak kita kasih informasi semakin banyak tabungan kosa kata yg dia tangkap. Dan tabungan kosa kata itu akan meledak ketika kita biasakan lakukan stimulasi-stimulasi itu bu.. Semangat ya bu, semoga anaknya bisa segera lancar bicaranya 🤲🏻 Klo ibu merasa khawatir, bisa jg bu konsul ke DSA/ke Dokter spesialis Tumbuh Kembang Anak pasti akan lebih membantu.. semoga membantu ya bu 🙏🏻

Baca lagi

anak saya sekarang umur 23 bulan jg baru bisa satu suku kata, itu pun sudah banyk perkembangan, umur 18 bulan dia cm bubling ato teriak2, klopun keluar kata2 itu kalo suruh ngulang lg udh gak mau. saya berfikir karena anaknya kurang stimulasi dan contoh komunikasi, soalnya di rumah cm ada saya, suami dan anak, tetangga jg jauh, gak ada anak kecilnya, jadi dia klo ditinggal ayahnya kerja cm sama saya, otomatis contoh komunikasi 2 arahnya gak ad, teman bermain seumuran jg gak ada, akhirnya saya masukkan dia ke KB, jadi di sana dia dapat banyak stimulus komunikasi, dari guru, temen2 yg saling mengobrol dan menyanyi, meskipun di kelas dia cm muterin kelas dan main sendiri karena dia anak yg gak bisa diam di satu tempat dalam waktu yg lama tp paling tidak dia ada hampir 2 jam berinteraksi dengan orang lain, dan mendengar mereka komunikasi, Alhamdulillah 1 bulan di sana banyk perkembangannya, dia mulai banyk mengeluarkan kata2, dan saat nntn tv pun dia suka ngikutin, walaupun suku kata terakhir, dan ini jg menambah keberania dia.

Baca lagi

kalo anak saya 18bulan blum mau ngomong. blg papa mama aja ga. smp keluarga blg takut telat. eh tau2 1-2bulan kemudian ngomongnya lancar banget. skrg 23bulan ngomongnya udah panjang bs ngomong satu kalimat lengkap. terus diajak ngomong aja mom. kalo anak saya jarang screentime, kalo main suka bicara sendiri jg. trus nanti ngajak saya ngobrol. pokoknya tanggepin aja terus kl dia mau ngomong ngomong ke dia jg jgn bahasa bayi, harus yg bener.

Baca lagi

biar kekhawatirannya gak bertambah, dibawa konsul aja anaknya bu ke DSA